Kamis, 31 Januari 2013

CATATAN PERKULIAHAN

Catatan mata kuliah perkembangan peserta didik
Tanggal 21 januari 2013
Hal-hal pokok yang perlu diperhatikan dalam memperlajari perkembangan

  • 1.       Proses pematangan fungsi kognitif dan nonkognitif
  • 2.       Proses belajar
  • 3.       Pembawaan atau bakat
Kognitif berasal dari kata benda cognition (kognisi) yang artinya perolehan pengetahuan.
Kemampuan khas di bidang tertentu = bakat. Sehingga memudahkan ia dalam mempelajari bidang tertentu. Bakat tersimpan pada pembawaan (hereditas) yang diturunkan melalui gen --> tiitsan. Hal itu bersifat biologis.
Proses belajar melalui tahapan penerimaan informasi oleh panca indera terutama mata dan telinga yang kemudian diserap oleh otak.
Informasi = pengetahuan, pengalaman, kejadian, keterampilan,
Ilmu (science) --> lebih spesifik, pengetahuan (knowledge) --> lebih luas.
Knowledge dibagi 2

  • 1.       Yang dapat dinyatakan (stateable/declarative) --> what
  • 2.       Tidak dapat dinyatakan tetapi dilakukan (procedural) --> how
Setiap orang berhak menguasai salah satu pengetahuan tersebut, tapi tidak wajib menguasai keduanya.Tapi seorang guru wajib menguasai kedua pengetahuan tersebut.

Proses perkembangan peserta didik sebagaian besar dipengaruhi oleh proses belajar peserta didik tersebut. (perkembangan dipengaruhi proses belajar)
Contoh :
-          Perkembangan kecakapan berbicara anak.
-          Perkembangan kecakapan berjalan anak.

LAD = language accusition development
Masa péka belajar = masa dimana orang mudah menerima pelajaran (arif dan responsif)
Tidak boleh mengajar sesuatu kepada anak didik yang belum masuk masa pékanya.
Contoh : Anak TK diajarkan bahasa inggris. Belum masuk masa pékanya. Kurang bermanfaat dan belum waktunya.

Mother tongue = bahasa ibu

Belajar harus berguna (meaningfull) sehingga pengetahuan itu bisa dikembangkan untuknya dan generasi berikutnya.

Perkembangan mempengaruhi proses belajar.
Proses belajar peserta didik dipengaruhi oleh prose perkembangan peserta didik itu sendiri.
Contoh :
-          Proses belajar berjalan dipengaruhi oleh perkembangan organ kaki;
-          Proses belajar berpikir dan memecahkan masalah dipengaruhi oleh perkembangan otak.

Simpulannya apa?
Kualitas hasil proses perkembangan peserta didik bergantung pada apa (materi pelajaran) dan bagaimana (cara/kiat) ia belajar?

tugas 
Cari contoh konkret sendiri! Diskusikan dnegan teman-teman!
Buatlah esai/komentar singkat (2 halaman A4) tetapi analitis! Pilihlah salah satu topik dari topik-topik di bawah ini !

  • 1.       Pengaruh belajar terhadap proses perkembangan
  • 2.       Pengaruh proses perkemnganan terhadap belajar
  • 3.       Aspek-aspek perkembangan yang berpengaruh besar terhadap proses belajar.