Catatan mata kuliah perkembangan peserta didik
Tanggal 21 januari 2013
Hal-hal pokok yang perlu diperhatikan dalam memperlajari
perkembangan
- 1. Proses pematangan fungsi kognitif dan nonkognitif
- 2. Proses belajar
- 3. Pembawaan atau bakat
Kognitif berasal dari kata benda cognition (kognisi) yang
artinya perolehan pengetahuan.
Kemampuan khas di bidang tertentu = bakat. Sehingga
memudahkan ia dalam mempelajari bidang tertentu. Bakat tersimpan pada pembawaan (hereditas) yang diturunkan
melalui gen -->
tiitsan. Hal itu bersifat biologis.
Proses belajar melalui tahapan penerimaan informasi oleh panca
indera terutama mata dan telinga yang kemudian diserap oleh otak.
Informasi = pengetahuan, pengalaman, kejadian, keterampilan,
Ilmu (science) -->
lebih spesifik, pengetahuan (knowledge) -->
lebih luas.
Knowledge dibagi 2
- 1. Yang dapat dinyatakan (stateable/declarative) --> what
- 2. Tidak dapat dinyatakan tetapi dilakukan (procedural) --> how
Setiap orang berhak menguasai salah satu pengetahuan
tersebut, tapi tidak wajib menguasai keduanya.Tapi seorang guru wajib menguasai kedua pengetahuan
tersebut.
Proses perkembangan peserta didik sebagaian besar
dipengaruhi oleh proses belajar peserta didik tersebut. (perkembangan
dipengaruhi proses belajar)
Contoh :
-
Perkembangan kecakapan berbicara anak.
-
Perkembangan kecakapan berjalan anak.
LAD = language accusition development
Masa péka belajar = masa dimana orang mudah menerima
pelajaran (arif dan responsif)
Tidak boleh mengajar sesuatu kepada anak didik yang belum
masuk masa pékanya.
Contoh : Anak TK diajarkan bahasa inggris. Belum masuk masa
pékanya. Kurang bermanfaat dan belum waktunya.
Mother tongue = bahasa ibu
Belajar harus berguna (meaningfull) sehingga pengetahuan itu
bisa dikembangkan untuknya dan generasi berikutnya.
Perkembangan
mempengaruhi proses belajar.
Proses belajar peserta didik dipengaruhi oleh prose
perkembangan peserta didik itu sendiri.
Contoh :
-
Proses belajar berjalan dipengaruhi oleh
perkembangan organ kaki;
-
Proses belajar berpikir dan memecahkan masalah
dipengaruhi oleh perkembangan otak.
Simpulannya apa?
Kualitas hasil proses
perkembangan peserta didik bergantung pada apa (materi pelajaran) dan bagaimana
(cara/kiat) ia belajar?
tugas
Cari contoh konkret sendiri!
Diskusikan dnegan teman-teman!
Buatlah esai/komentar singkat (2
halaman A4) tetapi analitis! Pilihlah salah satu topik dari topik-topik di
bawah ini !
- 1. Pengaruh belajar terhadap proses perkembangan
- 2. Pengaruh proses perkemnganan terhadap belajar
- 3. Aspek-aspek perkembangan yang berpengaruh besar terhadap proses belajar.